Labels

Minggu, 18 Maret 2012

Prosesor Intel Ivy Bridge Menembus Kecepatan 7 GHz

Setelah mendulang kesuksesan di pasar prosesor melalui prosesor Intel Sandy Bridge, Intel dikabarkan sedang menyiapkan prosesor generasi terbaru mereka yang memiliki codename Ivy Bridge. Sebagai prosesor generasi terbaru, tentu saja prosesor Intel Ivy Bridge akan dijejali berbagai teknologi terbaru. Beberapa di antaranya adalah arsitektur generasi terbaru, proses fabrikasi 22 nm, Intel 3-D Tri-gate Transistor, dan lainnya. Dengan teknologi terbaru ini, tentu kita berharap prosesor Intel Ivy Bridge akan mampu menawarkan kinerja komputasi yang lebih tinggi kepada pengguna.
Beberapa waktu yang lalu, kami menjumpai daftar lini prosesor Intel Ivy Bridge beredar di internet. Dalam lini prosesor tersebut, terlihat model teratas dari prosesor Intel Ivy Bridge adalah Core i7 3770K. Prosesor ini dilengkapi clock speed sebesar 3.5 GHz (default) dan 3.9 GHz (Turbo). Mengusung huruf “K”, tentu saja prosesor ini dilengkapi multiplier prosesor yang tidak dikunci sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan overclocking.
Walaupun belum diluncurkan, beberapa pihak ternyata mendapat kesempatan untuk “mencicipi” Core i7 3770K. Salah satu kabar yang kami dapatkan baru-baru ini ternyata prosesor Intel Core i7 3770K mampu mencapai clock speed sebesar 7063.06 MHz atau lebih dari 7 GHz. Clock speed sebesar itu dicapai dengan menggunakan setting BCLK (Base Clock) sebesar 112.11 MHz, multiplier prosesor sebesar 63, dan voltase prosesor sebesar 1.896 V. Jika melihat kemampuan overclocking prosesor Intel Sandy Bridge, hasil seperti ini tentu akan membuat overclocker di seluruh dunia tergoda untuk mengutak-atik prosesor ini. Hampir saja kami lupa, clock speed sebesar 7 GHz tersebut dicapai hanya dengan menggunakan pendingin dry ice. Kalau menggunakan pendingin dry ice saja sudah mampu mencapai clock speed seperti itu, bagaimana jika menggunakan pendingin LN2 (Liquid Nitrogen)? Satu hal yang pasti rekan kami, tim overclocking Jagat Review sudah tidak sabar lagi untuk menjajal prosesor ini di pendingin LN2.
Menurut kabar, prosesor Intel Ivy Bridge akan mulai tersedia di pasaran sekitar bulan April 2012. Tampaknya, Anda masih harus sedikit bersabar sebelum bisa mencicipi prosesor ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar